Seminar Negeri Seribu Megalit, Gubernur Sulawesi Tengah Dorong Percepatan Menuju Warisan Dunia

PALU, FILESULAWESI.COM – Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura diwakili Asisten Administrasi Umum M. Sadly Lesnusa, secara resmi membuka Seminar Negeri Seribu Megalit, bertempat di Swiss-Belhotel, pada Kamis, (7/12/2023).

Kegiatan tersebut diinisiasi Dinas Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah sebagai salah satu bentuk upaya Pelestarian Cagar Budaya di Sulawesi Tengah, dengan menghadirkan Badan Riset dan Inovasi Nasional dan Direktorat Jenderal Kebudayaan serta Tim Ahli Cagar Budaya Sulteng sebagai narasumber.

Bacaan Lainnya

Melalui Asisten Administrasi Umum, Gubernur H. Rusdy Mastura menuturkan, Pencanangan Sulawesi Tengah sebagai Negeri Seribu Megalit pada Oktober 2023, kiranya dapat membuka pintu gerbang pengetahuan masyarakat dunia mengenai sebuah tradisi yang telah hadir pada periode prasejarah, yang mencerminkan perjalanan peradaban suatu masyarakat.

Tahapan-tahapan yang akan dilakukan dalam pelaksanaan โ€œSulawesi Tengah Negeri Seribu Megalitโ€ melalui konsep pelestarian, yaitu perlindungan, pengembangan dan pemanfaatan, yang bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia dan Internasional tentang arti penting warisan kebudayaan megalitik, yang telah menjadi tradisi sejak ribuan tahun yang lalu.

Salah satu langkah tepat untuk menyebarluaskan informasi adalah melalui pelaksanaan seminar nasional yang menghadirkan narasumber yang ahli dalam bidang kebudayaan di Indonesia.

Kiranya pelaksanaan seminar nasional, nantinya dapat mendorong percepatan program Sulawesi Tengah Negeri Seribu Megalit, dari sulawesi tengah menuju warisan dunia.

Terakhir, Gubernur mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh panitia, peserta dan semua stakeholder yang terlibat atas terselenggaranya seminar ini, dengan harapan semoga hasil-hasil kegiatan ini efektif dalam menyatukan pemahaman dan langkah bersama, serta harapannya, semoga seluruh program dapat dijalankan dengan sukses dan memenuhi target-target yang ditetapkan.

Turur hadir, Kadis Kebudayaan Andi Kamal Lembah, Para Akademisi, Para Kepala OPD, tokoh masyarakat dan tokoh adat.(***)

Sumber: PPID Pelaksana Biro Administrasi Pimpinan dan dipublis oleh PPID Utama/Humas Pemprov Sulteng, Dinas Kominfosantik.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *