Madrasah Minim Publikasi, Ahmad Hasni: Himbau Madrasah Tingkatkan Publikasi Prestasi

Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Palu H. Ahmad Hasni. FOTO : Mohammad Rizal/FileSulawesi.com

PALU, FILESULAWESI.COM – Baik Madrasah atau sekolah negeri maupun swasta di kota Palu, dihimbau agar lebih banyak melakukan publikasi terhadap rangkaian kegiatan-kegiatan yang digelar di sekolahnya masing-masing. Termasuk kegiatan publikasi yang berkaitan dengan prestasi yang diterima.

Hal ini disampaikan Kepala Kantor (Kakan) Kemenag Kota Palu H. Ahmad Hasni, kepada awak media, saat ditemui langsung di ruangnnya, Selasa (19/3/2024).

Ahmad Hasni yang baru jabat sebagai orang nomor satu di Kemenag kota Palu ini pun menjelaskan, dengan terus melakukan publikasi secara berjenjang di satuan pendidikan khususnya di Madrasah atau sekolah, tentunya diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan ketenaran di masyarakat kota Palu.

“Beberapa tahun terakhir memang madrasah di Kota Palu masih kurang di publikasikan. Padahal mereka sudah banyak melaksanakan berbagai terobosan pendidikan hingga meraih berbagai prestasi, baik di tingkat Kota, Provinsi maupun Nasional,” urainya kepada FileSulawesi.com.

“Walaupun begitu, karena tidak dipublikasikan dengan baik maka prestasi tersebut tidak terdengar ke kalangan masyarakat umum,” katanya menambahkan.

Menurutnya, publikasi terhadap seluruh kegiatan di madrasah, apalagi berkaitan dengan prestasi yang diterima, merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

Mengingat kata dia, dengan adanya publikasi, masyarakat tentunya bisa mengetahui dari capaian kinerja masing-masing madrasah yang ada di kota Palu.

“Hal ini tentu pula madrasah bisa unggul dan terkenal di kalangan masyarakat,” sebutnya.

Sebagai contoh, ia melanjutkan, prestasi yang diraih oleh madrasah seperti MAN IC Kota Palu, MAN 2 Kota Palu hingga MTsN 1 Kota Palu.

“Khusus MTsN 1 Kota Palu saat ini, akan menerapkan pendidikan berbasis SKS seperti di perkuliahan. Jadi, seluruh siswa harus menyelesaikan pendidikan sesuai dengan SKS yang diberikan oleh madrasah. Jadi, tidak menutup kemungkinan para siswa bisa lulus selama dua tahun, jika seluruh SKS mereka di selesaikan,” katanya.

“Memang saat ini proses seleksi para siswa di MTsN 1 Kota Palu masih terus berjalan dan dipastikan seleksinya sangat ketat. Tentunya, program-program seperti itu sangat baik dalam memajukan pendidikan yang ada di Madrasah. Hanya saja, memang masih kurang di publikasikan. Makanya, tidak semua masyarakat mengetahui program tersebut. Apalagi madrasahnya juga kurang memahami pentingnya publikasi,” jelas Ahmad Hasni, dengan mengharapkan kala jabat Kakan Kemenag Kota Palu untuk berupaya kedepannya memaksimalkan publikasi di seluruh madrasah di kota Palu.zal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *