Pascasarjana S2 Prodi Kesmas Untad Palu Gelar Kuliah Umum

Pascasarjana Program Studi (Prodi) S2 Kesmas Untad Palu, gelar kuliah umum, Senin (4/9/2023) kemarin. FOTO : IST

PALU, FILESULAWESI.COM – Setelah menerima Surat Keputusan Kemenristekdikti Nomor: 520/E/O/2023 Tertanggal 9 Juni 2023 dan ditindaklanjuti dengan terbitnya Izin Operasional dari Rektor Universitas Tadulako, Nomor 8485/UN28/OT/2023 Tertanggal 21 Juni 2023, maka resmilah Program Studi (Prodi) Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Program Magister (S2), melaksanakan kegiatan akademik bersama 18 Program Studi Magister yang ada di Pascasarjana Universitas Tadulako (Untad) Palu.

Berbagai rangkaian kegiatan akademik dimulai dengan perkuliahan Matrikulasi (Pra Pascasarjana) selama 5 hari. Dimulai dari tanggal 21-25 Agustus 2023, lalu dilanjutkan dengan silaturahmi akademik Pascasarjana, pada Ahad (27/8/2023), kemudian selanjutnya pelaksanaan kegiatan Kuliah Umum yang diselenggarakan pada hari Senin (4/9/2023) kemarin.

Bacaan Lainnya

Pelaksanaan Kuliah Umum diawali dengan laporan dari Koordinator Program Studi Dr. Jamaluddin Sakung, S.Pd, M.Kes, menyampaikan, bahwa jumlah mahasiswa baru di angkatan pertama yang mengikuti kegiatan kuliah umum berjumlah 34 orang.

Kemudian dia menambahkan, 34 mahasiswa baru tersebut telah siap untuk mengikuti perkuliahan, dengan jadwal yang telah ditandatangani oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kesehatan Masyarakat, mewakili Dekan Dr. Muhammad Ryman Napirah, S.KM, M.Kes, M.AP.

Selanjutnya, atas nama Direktur Pascasarjana Universitas Tadulako, Wakil Diretur Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Ir. Samsurizal M. Suleman, M.Si, C.EIA, memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan kuliah umum.

Wakil Direktur menekankan tentang penyelenggaraan perkuliahan untuk program Magister dengan batas studi 3 tahun plus 1 bulan. Namun diharapkan Angkatan pertama S2 Prodi Kesmas ini dapat menempuh waktu paling cepat 3 semester saja.

Diketahui, Narasumber kuliah umum yakni Prof. Dr. H Nurdin, M.Si, M.Kes, sekaligus sebagai Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat, menyampaikan, tema Air Susu Ibu (ASI) dan Makanan Pendamping Air susu Ibu (MP-ASI) berbasis pangan loal: Determinan Cegah Stunting.

Dalam uraiannya tentang dasar hukum pentingnya ASI yakni dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah:233 “Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan.

Dalam kitab injil: β€œDan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif.

Selanjutnya disampaikan fungsi ASI Meningkatkan fungsi imun bayi karena kandungan antibodi di dalam ASI, khususnya pada cairan ASI yang pertama atau kolostrum, serta Membuat ibu lebih tenang dan bahagia dengan dikeluarkan hormon oksitosin (HO). Dengan keluarnya HO dapat mengendalikan jumlah perdarahan setelahnya dan dapat mencegah anemia.

Kegiatan perkuliahan di akhir dengan penyampaikan konsentrasi bidang kajian pada program studi Kesehatan Masyarakat program magister (s2) dan penyamaan persepsi perkuliahan dosen dan mahasiswa dipandu oleh koordinator program studi yang telah menerima Amanah untuk 4 tahun kedepan berdasarkan surat keputusan Rektor Untad Palu Nomor 9156/UN28/KP/2023 tertanggal 10 juli 2023.zal

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *